Jawa Pos

Sabar, Purito Raih Victory Kedua

-

PLATEAU DE BEILLE – Pembalap Katusha Joaquim Rodriguez membuat keputusan yang mengecewak­an pada etape kesebelas Tour de France, Rabu (15/7). Dia keluar dari zona netral pada tanjakan Col du Tourmalet yang membuatnya kehilangan sepuluh menit. Tapi, hal itu membuatnya banyak belajar saat melibas etape ke-12, Kamis (16/7).

Rodriguez mampu menahan diri. Hasilnya, pembalap asal Spanyol itu mampu meraih kemenangan keduanya di Tour tahun ini. Sebelumnya, dia menang pada etape ketiga. “Sangat penting untuk meraih kemenangan etape di Tour ini. Saya seperti Atletico Madrid, selalu penuh dengan kejutan,” ujar pembalap dengan julukan Purito itu.

Kemenangan Rodriguez kemarin tak lepas dari buah kesabarann­ya. Berbeda saat tampil di etape kesebelas, Rodriguez menunggu waktu yang tepat untuk melakukan attack setelah berhasil melakukan breakaway di Col du La Core. Bahkan, Rodriguez bersama Romain Bardet (Ag2R-La Mondiale) dan Jakob Fuglsang (Astana) sempat tertinggal 50 detik di belakang pimpinan lomba sementara, Michal Kwiatkowsk­i (Etixx-QuickStep).

Saat memasuki tanjakan terakhir yang masuk dalam hors-categorie (tanjakan tersadis), Plateau De Beille, Rodriguez melakukan attack yang tak dapat diantisipa­si Fuglsang dan Kwiatkowsk­i. Rodriguez pun finis dengan selisih 1 menit 12 detik di depan Fuglsang.

Sementara itu, Chris Froome berhasil mempertaha­nkan keunggulan waktu setelah mampu menahan gerak pesaing terdekatny­a, Tejay van Garderen (BMC), Nairo Quintana (Movistar), dan Alejandro Valverde (Movistar). Menuju etape ke-13 kemarin, Froome masih unggul 2 menit 52 detik dari Van Garderen di posisi kedua. (rif/ady)

 ?? SIDIK M. TUALEKA/JAWA POS ?? ALTERNATIF: David Agung Susanto (dua dari kiri) setelah kekelahann­ya pada partai keempat semifinal grup II Piala Davis Zona AsiaOseani­a 2015 di Lapangan Tenis, Senayan, Jakarta (16/7).
SIDIK M. TUALEKA/JAWA POS ALTERNATIF: David Agung Susanto (dua dari kiri) setelah kekelahann­ya pada partai keempat semifinal grup II Piala Davis Zona AsiaOseani­a 2015 di Lapangan Tenis, Senayan, Jakarta (16/7).
 ?? JEFF PACHOUD/AFP PHOTO ?? TEPAT: Joaquim Rodriguez melepaskan diri di Col du La Core pada etape ke-12 Tour de France 2015 ((16/7).
JEFF PACHOUD/AFP PHOTO TEPAT: Joaquim Rodriguez melepaskan diri di Col du La Core pada etape ke-12 Tour de France 2015 ((16/7).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia