Jawa Pos

Tolong Jangan Jual Pedro

-

SIAPA pun nanti yang terpilih sebagai presiden Barcelona, legenda klub Johan Cruyff meminta satu hal: Tolong jangan jual Pedro.

Bagi mantan pemain dan pelatih Barca itu, Pedro adalah pemain yang sangat berharga. Bukan cuma soal skill, pemain 27 tahun tersebut juga mernjadi salah satu representa­si paling gamblang atas kesuksesan akademi Barca, La Masia.

Berdasar kabar yang dilansir media-media Spanyol, Barca memang berencana melego winger bertinggi 167 sentimeter tersebut. Sejumlah peminat antre untuk mendapatka­n tanda tangan Pedro.

Gosip terkencang, Chelsea dikabarkan siap mentransfe­r duit GBP 22 juta (Rp 458,8 miliar) untuk mendaratka­n pemain yang memulai karir juniornya di Barca pada 2004 tersebut

Harga itu sesuai dengan yang tertera dalam klausul kontrak.

Selain itu, Liverpool dan Arsenal sangat meminati Pedro. Namun, transaksi sementara ditunda sampai pemilihan presiden Barca rampung.

Musim lalu, peran penyerang yang memulai debutnya di tim senior Barca pada 2008 itu memang terlimitas­i. Kehadiran Luis Suarez dari Liverpool membuatnya terpinggir. Bersama Neymar dan Lionel Messi, Suarez terbukti sukses mengantark­an Barca merebut tiga gelar alias treble winners.

“Dia (Pedro) selalu berada dalam momen yang sangat sulit. Namun, jika Anda melihat golgol yang telah dicetaknya, dia adalah pria yang bekerja dengan sangat keras. Karena alasan itu pulalah, dia bernilai sangat tinggi untuk Barcelona,’’ kata Cruyff kepada The Express.

“Dia datang bersama (Pep) Guardiola. Dia juga pemain homegrown. Sebelumnya, banyak pemain yang dipromosik­an dari La Masia. Jika klub ingin mengontrak pemain, mereka tinggal mengontrak. Sekarang mereka hanya membeli. Tidak bisa seperti itu,’’ imbuh pria yang mengantark­an Barca merebut satu gelar Piala Champions (1991–1992) dan empat trofi Primera Division tersebut.

Cruyff bukan satu-satunya yang menyaranka­n agar Pedro dipertahan­kan. Mantan bek Barca Eric Abidal mengungkap­kan hal serupa. ’’Pemain seperti Pedro tidak bisa dibiarkan pergi. Saya memahami dia sebagai seorang pemain dan juga seorang pria. Dia adalah pemain yang layak berada di tim utama. Ketika kami memenangka­n segalanya pada 2009, banyak gol penting yang datang dari dia,’’ ungkap Abidal kepada Sky Sports.

’’Sekarang Pedro tetaplah pemain penting. Dia hanya ingin bermain,’’ imbuhnya. (c5/nur)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia