Jawa Pos

Dirut RS Anwar Medika Incar Tiket PKB

Ikut Mendaftar, Hidar Luncurkan Jargon Sahid

-

SIDOARJO – Meskipun terkesan hanya formalitas, penjaringa­n bakal calon wakil bupati (bacawabup) Sidoarjo oleh PKB rupanya masih diminati. Mereka yang berasal dari luar PKB berbondong­bondong mendaftar. Di antaranya, Direktur Utama Rumah Sakit (RS) Anwar Medika Sidoarjo Farida Anwari dan kader Partai Gerindra Hidar Assegaf.

Kemarin(28/5)keduanyare­smimendaft­arkandiri. Hidarbahka­ntercatats­ebagaioran­g pertama yang melamar ke PKB untuk bisa dipasangka­n dengan Saiful Ilah dalam pemilihan bupati (pilbup) yang dijadwalka­n Desember mendatang.

Hidar datang untuk mencari ”peruntunga­n” di PKB dengan diantar ang- gota keluarga dan puluhan pendukung. Mereka juga telah membuat jargon Sahid, akronim Saiful Ilah-Hidar.

Sebelum mendaftar ke PKB, Hidar sebenarnya telah mendaftar sebagai bakal calon bupati (bacabup) Sidoarjo lewat Gerindra. Sebagaiman­a diketahui, Hidar memang kader Gerindra. Bahkan, dia adalah ketua Gabungan Rakyat Dukung Prabowo (Gardu Prabowo) Jatim.

Bahkan, beberapa minggu terakhir ini Hidar telah memasang puluhan baliho sosialisas­i pencalonan dirinya sebagai bupati. Salah satunya terpasang di sekitar Alun-Alun Sidoarjo.

Saat ditanya soal keputusann­ya melamar sebagai cawabup, padahal sebelumnya berjuang menjadi cabup, Hidar menjawab diplomatis. ”Saya tidak mendowngra­de diri saya. Tapi, kita harus tahu diri. Gerindra hanya memiliki tu- juh suara. Maka, akan lebih baik kalau bisa koalisi dengan PKB,” ucap dia.

Farida Anwari juga berharap pen- gurus PKB memberikan tiket rekomendas­i kepadanya. Perempuan 43 tahun itu optimistis mampu mendamping­i perjalanan Saiful untuk memimpin Sidoarjo lima tahun ke depan. ”Saya ingin memperkuat kondisi ekonomi kerakyatan di sini. Itu sebabnya saya menawarkan diri untuk berpasanga­n dengan Saiful Ilah,” katanya.

Selain dua nama itu, belum ada yang mengembali­kan formulir. Hanya, PKB mencatat, total ada enam orang yang telah mengambil formulir pendaftara­n. Selain Hidar dan Farida, ada kader PKB Nur Achmad Syaifuddin (ketua Komisi C DPRD Sidoarjo) dan Musowimin (pengurus DPC PKB). Dua nama lagi masih ditutup-tutupi oleh PKB.

”Mungkin besok (hari ini, Red) ada lagi empat orang yang mengambil formulir sekaligus mendaftar,” kata Ketua Desk Pilkada DPC PKB Sidoarjo Imam Rohmad. Di antara empat nama itu, salah satu yang disebut-sebut adalah Sulamul Hadi Nurmawan, kader PKB yang kini menjabat ketua DPRD.

Bersama Nur Achmad, Wawan –sapaan Sulamul Hadi Nurmawan– digadangga­dang maju untuk mendamping­i Saiful. Sebagaiman­a diberitaka­n, suara dari internal PKB memang menghendak­i Saiful Ilah mengganden­g tokoh muda dari PKB. Tapi, agar terlihat ”sehat”, PKB sengaja membuat penjaringa­n bacawabup.

Sementara itu, Partai Demokrat mulai kemarin (28/5) hingga 2 Juni mendatang mulai membuka pendaftara­n calon bupati dan calon wakil bupati. ”Kami berusaha memenuhi aturan dan mencoba menentukan jalan sendiri dulu sebelum berkoalisi,” ujar Ketua DPC Demokrat Sidoarjo Sarto. Saat ini Partai Demokrat memiliki empat kursi di DPRD Sidoarjo. Padahal, syarat pengajuan minimal sepuluh kursi. (fim/c11/pri)

 ?? MIFTAHUL FAHAMSYAH/JAWA POS ?? SERIUS: Ketua Desk Pilkada DPC PKB Sidoarjo Imam Rohmad menerima berkas pendaftara­n dari Direktur Utama RS Anwar Medika Sidoarjo Farida Anwari kemarin.
MIFTAHUL FAHAMSYAH/JAWA POS SERIUS: Ketua Desk Pilkada DPC PKB Sidoarjo Imam Rohmad menerima berkas pendaftara­n dari Direktur Utama RS Anwar Medika Sidoarjo Farida Anwari kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia