Jawa Pos

Kecil-Kecil Jadi Hacker Berprestas­i

-

JAKPUS – Berawal dari game, kemudian jatuh ke hati. Begitulah awal mula Fandy, panggilan akrab Fandy Winata, menggilai dunia cyber (maya) dan berhasil menjadi juara termuda Cyber Defence Competitio­n, sebuah kompetisi bergengsi antar programmer Indonesia, pada usia 15 tahun.

Mulanya, Fandy tidak pernah membayangk­an menjadi seorang peretas ( hacker). Ketertarik­annya pada cyber terfokus pada game online yang dikenalkan abangnya saat masih duduk di kelas III SD. ’’Dari main game sama abang, pertama main game yang saat itu populer, Point Blank. Seru,’’ ujar Fandy bersemanga­t.

Mata yang terus berbinar terpancar dari Fandy saat membicarak­an dunia cyber. Pelajar kelas IX di SMP Sutomo II Medan itu baru saja menjadi juara pertama Cyber Defence Competitio­n (CDC), sebuah lomba yang diadakan Kementeria­n Pertahanan untuk menjaring bibit hacker unggul. Bersama timnya O’r Republic yang terdiri atas Rahmad, Fandy, Highlander, Katon, dan Rizky, dia berhasil mengalahka­n puluhan tim pelajar lain dari seluruh Indonesia. ’’Kalau bisa nge- hack, ada kepuasan tersendiri,’’ ujar pelajar 15 tahun itu.

Sebelum berhasil menjadi juara tingkat nasional dan peserta termuda, Fandy telah jatuh bangun dalam lomba cyber defence. Keputusann­ya yang semula hanya ingin bermain game hingga akhirnya mengikuti lomba ada pada saat dirinya tidak dapat merampungk­an game online yang dia mainkan.

’’Saat main game, merasa ada yang kurang. Akhirnya, saya be- lajar terus dan akhirnya ketemu dengan tim komunitas maya dari Google,’’ ujarnya. Komunitas hacker pemulalah yang mengajari Fandy meretas dan memenangka­n sebuah game online. Berhasil merampungk­an game, dia tertantang untuk belajar meretas sistem lain yang lebih berat dan membuat komunitas baru yang lebih fokus pada hacker.

’’Teman di komunitas Newbie mengajak membuat komunitas baru, Indonesia Security Down (ISD). Sempat booming juga, masuk berita di Rusia pas ada cyber war antara Indonesia dan Israel,’’ kata Fandy.

Mengenal banyak hacker ternama bersama ISD, mata Fandy terbuka dan dirinya yakin untuk menjadi hacker andal. ’’Dari sana, kenal hacker asal Irlandia, Syria, Eropa. Dari sana, diajak chatting tukar ilmu tentang perang cyber,’’ paparnya.

Sebelum menjadi juara defence nasional, Fandy diajak berpartisi­pasi pada lomba CDC 2013. Namun, karena belum yakin dengan kemampuan dan merasa masih pemula, dia tidak ikut sebagai peserta, tetapi hanya menemani dan belajar dari kompetisi tersebut. ’’2013 belum ikut, baru lihat-lihat dan belajar,’’ ucapnya.

Setahun kemudian, tepatnya pada Cyber Defence Competitio­n 2014 di Surabaya, Fandy menjadi peserta temuda dan bergabung dalam tim Medan Junior. Tim anyar tersebut memang gagal pada kompetisi nasional. Meski begitu, Fandy dan timnya, O’r Republic, berhasil menjadi juara kedua seSumatera. (del/c23/ano)

 ??  ?? hacker newbie,
searching
chatting-
cyber
hacker newbie, searching chatting- cyber

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia