Jawa Pos

Dua Piala dalam Semalam

Dari Ajang IMA 2015

-

JAKARTA – Lukman Sardi, 43, sukses membuat gebrakan dalam perjalanan karir sebagai sutradara pendatang baru. Film durasi panjang pertamanya, Di Balik 98, terpilih sebagai Film Terfavorit dalam Indonesian Movie Awards (IMA) 2015 di Balai Sarbini, Jakarta, Senin malam (18/5).

Lukman yang menerima penghargaa­n dari ajang yang dihelat kali kesembilan tersebut pantas berbangga diri. ’’Saya speechless. Ini adalah anugerah. Terima kasih untuk film ini. Terima kasih. Maju terus perfilman Indonesia,’’ kata Lukman setelah menerima piala.

Sutradara yang juga seorang aktor itu menuturkan, penghargaa­n tersebut dipersemba­hkan kepada para pejuang reformasi serta korban konflik 1998. ’’Penghargaa­n ini saya dedikasika­n terhadap mereka yang menanti penyelesai­an kejadian ini,’’ ujar dia.

Kemenangan tersebut tidak lantas membuat Lukman mendongakk­an kepala ke atas. Lelaki yang juga bermain di komedi situasi (komsit) The East itu tidak menyangka bahwa karya pertamanya sebagai sutradara tersebut bisa menang. ’’Kalau ditanya soal kelebihan film Di Balik 98, saya tidak bisa melihatnya. Semua film punya ciri khas masingmasi­ng,’’ terang Lukman.

Film yang dibintangi Chelsea Islan dan Boy William itu mengalahka­n sembilan judul lainnya, yakni 3 Nafas Likas, 7/24, 99 Cahaya di Langit Eropa Part 2, Cahaya dari Timur: Beta Maluku, Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar, Nada untuk Asa, Pendekar Tongkat Emas, Strawberry Surprise, dan The Raid 2: Berandal. Capaian baru tersebut diakui Lukman sebagai sebuah tantangan sekaligus beban. ’’ Ya, penghargaa­n ini menjadi beban. Ini semacam jadi patokan bagaimana film-film saya ke depannya,’’ ungkap dia.

Bapak tiga anak itu menyatakan, capaian itu bukan sebuah kebetulan. ’’Hasil berbanding lurus dengan usaha. Tuhan menciptaka­n berbagai pilihan untuk kita pilih. Apa yang kita pilih nanti ada konsekuens­inya,’’ tuturnya.

Malam itu Lukman juga mendapat piala untuk kategori Pasangan Terbaik bersama Dian Sastroward­oyo. Peran Lukman dan Dian sebagai suami istri dalam film 7/24 arahan sutradara Fajar Nugros membawa keduanya menjadi pemenang.

Aktor tampan Chicco Jericho, 30, juga membawa pulang dua penghargaa­n sekaligus. Dia dinobatkan sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dan Pemeran Utama Pria Terfavorit. Dia peroleh dua piala itu melalui perannya dalam film Cahaya dari Timur: Beta Maluku. ’’Luar biasa ini. Aku nggak nyangka. Ini penyemanga­t baru lagi. Benar-benar malam yang sangat diberkati,’’ ucap Chicco yang juga Aktor Terbaik FFI 2014 karena film tersebut.

Chicco menjelaska­n, film yang berkisah tentang perjuangan Sani Tawainella untuk menyelamat­kan teman-teman di kampungnya dari konflik agama di Ambon itu telah meninggalk­an kesan mendalam. ’’Ini bukan hanya film, tetapi juga ada hatiku di sana. Di sana aku tinggal di rumah Sani. Ketika main di film itu, aku dianggap keluarga,’’ jelas dia.

Karena itu, pemeran Ben dalam Filosofi Kopi tersebut mempersemb­ahkan kedua penghargaa­n yang diraihnya bagi masyarakat Ambon. Yang juga membawa pulang dua piala dalam semalam adalah Marsha Timothy, 36. Istri Vino G. Bastian itu terpilih sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik dan Pemeran Utama Wanita Terfavorit melalui film Nada untuk Asa yang disutradar­ai Charles Gozali. ’’Ini piala pertama dan kedua saya sepanjang berakting. Piala ini benar-benar bonus dari pekerjaan yang saya cintai,’’ paparnya. Ibu satu anak itu makin bersemanga­t lagi untuk berkarya. (dod/c14/jan)

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? TERBAIK: Lukman Sardi, Chelsea Islan, dan Affandi Abdul Rachman ketika menerima Piala Layar Emas kategori Film Favorit.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS TERBAIK: Lukman Sardi, Chelsea Islan, dan Affandi Abdul Rachman ketika menerima Piala Layar Emas kategori Film Favorit.
 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? SATU VISI: Daniel Mananta dan Slank bekerja sama membuat desain baru untuk produk clothing line milik Daniel.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS SATU VISI: Daniel Mananta dan Slank bekerja sama membuat desain baru untuk produk clothing line milik Daniel.
 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ??
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia