Jawa Pos

Derby pun Mundur Sehari

-

PERUBAHAN jadwal final Coppa Italia dari 7 Juni menjadi 20 Mei berdampak kepada jadwal pekan ke-37 Serie A Liga Italia. Bahkan, derby Roma yang mempertemu­kan Lazio dengan AS Roma pun harus diundur sehari.

Apabila mengacu ke jadwal sebelumnya, derby yang menentukan posisi runner-up itu bakal dilangsung­kan Minggu sore waktu setempat (24/5). Nah, dengan digelarnya final Coppa Italia pada dini hari nanti, laga bertajuk Derby Della Capitale itu pun mundur sehari menjadi Senin malam waktu setempat (25/5)

Pihak Biancocele­ste –julukan Lazio– lah yang mengajukan perubahan jadwal tersebut kepada otoritas sepak bola Italia (FIGC). Alasannya, stamina pemainnya bakal terkuras bila bermain tiga kali sepekan. Alasan tersebut bisa diterima FIGC.

Sebaliknya, kubu Roma mengecam perubahan jadwal itu. Direktur Umum Roma Mauri Bal di soni menyatakan, tidak ada alasan logis untuk mendukung perubahan jadwal tersebut. ’’Ber tanding pada tengah pekan dan akhir pekan sudah biasa di Italia. Jadi, tidak ada yang pernah menyebut penjadwala­n tersebut sebagai hal aneh. Lihat saja Juventus, mereka juga bermain pada Rabu dan kembali beraksi Sabtu,’’ papar Baldisoni kepada Football Italia.

Menurut dia, perubahan jadwal itu akan mengurangi animo suporter menonton langsung di stadion. Jika tetap sesuai dengan jadwal atau Minggu, penonton bakal lebih antusias datang di stadion. ’’Bayangkan saja apabila ada fans yang sudah membeli tiket untuk Minggu, tetapi mereka malah harus datang pada Senin,’’ sebutnya.

Rating televisi pun bakal kena dampaknya. Sebab, animo penonton televisi pada Minggu dinilai lebih tinggi ketimbang Senin. ’’ Tidak hanya penonton di Italia, tetapi juga di luar negeri,’’ ujarnya.

Selain Lazio, klub yang meminta perubahan jadwal adalah Napoli. Sebagaiman­a diketahui, Napoli bakal menjamu Juventus di San Paoli pada Sabtu mendatang (23/5). Nah, Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis meng inginkan laga tersebut dimainkan bersamaan dengan derby Roma.

Itu dia ungkapkan ketika di- wawancarai oleh stasiun radio lokal Kota Naples Radio Kiss Kiss Napoli. Stasiun radio itu melaporkan, Laurentiis khawatir adanya match fixing di balik laga tersebut. ’’Terutama adanya skenario dua klub Roma untuk menjaga kans bermain di Liga Champions,’’ papar Laurentiis.

Permintaan Napoli ditolak FIGC. Mereka tetap menggelar laga Napoli versus Juventus sesuai dengan jadwal awal. (ren/c4/bas)

 ?? STEFANO RELLANDINI/REUTERS ?? UBAH JADWAL: Suasana derby Roma antara AS Roma melawan Lazio di Olimpico pada 11 Januari lalu.
STEFANO RELLANDINI/REUTERS UBAH JADWAL: Suasana derby Roma antara AS Roma melawan Lazio di Olimpico pada 11 Januari lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia