Jawa Pos

Hajar atau Lepas Gelar

-

17

3

10

7

MADRID – Perjuangan Real Madrid dalam memburu gelar Primera Division bisa saja berakhir di pekan ke-36. Itu terjadi jika mereka tak mampu meraih poin maksimal saat menjamu Valencia di Santiago Bernabeu dini hari nanti ( RCTI/Fox Sports 01.00 WIB).

Nah, agar pacuan persaingan gelar terjaga, tiga poin harus diraih Iker Casillas dkk. Sebab, jika gagal meraih kemenangan, mereka akan makin tertinggal dari Barcelona. Barca –julukan Barcelona– pekan ini ”hanya” menghadapi Real Sociedad di Camp Nou

Secara teknis, meraih poin maksimal dari Sociedad jelas lebih mudah ketimbang dari Valencia. Memang, banyak kendala yang menghadang persiapan Real menjamu El Che, julukan Valencia. Fisik dan mental penggawa Real tengah drop setelah dikalahkan Juventus pada leg pertama semifinal Liga Champions di Turin Rabu lalu (6/5). Valencia juga bukan lawan yang menyenangk­an bagi Real. Januari lalu El Che berhasil menghentik­an rekor 22 laga tidak terkalahka­n Real dalam semua ajang.

Namun, penggawa Real menegaskan bahwa tiga poin akan dikejar pada laga dini hari nanti. Mereka juga sudah melupakan kekalahan dari Juventus di Liga Champions. ”Hasil di kandang Juventus sudah kami lupakan. Sekarang kami harus mengalihka­n fokus pada target tiga poin demi menekan Barcelona,’’ papar Sergio Ramos, bek Real, di situs resmi klub.

Senada dengan Ramos, pelatih Carlo Ancelotti tidak mau mengecilka­n arti Valencia dalam perjalanan Real musim ini. Menurut Ancelotti, melawan Valencia sama penting dengan upaya melenggang ke laga puncak di Liga Champions.

Apalagi jika melihat statistik pertemuan Real dengan klub yang bermarkas di Estadio Mestalla itu. Dalam tiga musim terakhir, Valencia belum pernah kalah di Santiago Bernabeu. Tiga lawatan terakhir selalu berakhir dengan skor imbang.

Ancelotti juga sudah paham ancaman dari skuad asuhan Nuno Espirito Santos itu. ’’Performa Valencia cukup bagus akhir-akhir ini. Mereka mampu memainkan sepak bola yang bagus plus konfidensi dan upaya mengejar posisi terbaik demi slot Liga Champions musim depan. Kami harus all-out,’’ tutur pelatih berkebangs­aan Italia itu.

Demi merealisas­ikan target sempurna dini hari nanti, Ancelotti berani mengubah pola permainan dari 4-4-2 seperti beberapa laga sebelumnya ke 4-3-3. Posisi Ramos yang awalnya sebagai gelandang pun dikembalik­an ke pos aslinya sebagai bek tengah.

Performa kurang memuaskan Ramos di Juventus Stadium lalu bisa menjadi indikasi di balik keputusan Ancelotti tersebut. Tapi, itu buru-buru disanggah Ancelotti. ’’Kalaupun saya masih ingin dia bermain sebagai holding midfielder, ya akan saya lakukan. Keputusan tersebut saya buat karena saya rasa itulah yang terbaik,’’ ungkapnya.

Dengan memainkan tiga trisula, ada satu pemain yang menyeruak di antara duet Cristiano Ronaldo dan Gareth Bale. Pilihan bakal jatuh kepada Javier Hernandez. Chicharito –sapaan Hernandez– bakal dimainkan di posisi sembilan alias striker murni.

”Kami harus mengambil kesempatan dengan kondisi Real saat ini,” koar winger Valencia Pablo Piatti. Kondisi terkini Real yang dimaksud adalah konsentras­i Iker Casillas dkk yang harus terbagi. Sebab, selain melawan Valencia, Kamis mendatang (14/5) mereka harus kembali fokus menjalani laga hidup mati melawan Juventus.

Valencia pun saat ini masih menempati peringkat keempat klasemen sementara dengan koleksi 72 poin. Mereka masih unggul tiga poin atas peringkat kelima Sevilla. Artinya, menang atau seri di Bernabeu nanti sudah cukup untuk mengamanka­n posisi mereka di zona Liga Champions.

’’Posisi ketiga atau keempat sama saja. Sebab, kami tetap lolos ke Liga Champions. Tapi, tempat ketiga jauh lebih baik,’’ papar bek Valencia Shkodran Mustafi. (ren/c10/bas)

 ?? JUAN MEDINA/REUTERS-AP PHOTO ?? tayangan langsung
pukul
TERJANG PENGHALANG:
Gareth Bale (kiri) saat menghadapi Atletico
Madrid (7/1). Bomber Valencia Paco Alcacer
bisa menghadang laju Real
Madrid.
JUAN MEDINA/REUTERS-AP PHOTO tayangan langsung pukul TERJANG PENGHALANG: Gareth Bale (kiri) saat menghadapi Atletico Madrid (7/1). Bomber Valencia Paco Alcacer bisa menghadang laju Real Madrid.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia