Jawa Pos

Baru Wisuda, Omzet Empat Restoran Rp 200 Juta

-

SURABAYA – Rebela Muklim melangkah dengan senyum mengembang. Berbekal gelar Best Entreprene­ur Award 2014, gadis 22 tahun itu lulus mengesanka­n dari Universita­s Ciputra (UC) kemarin (27/9). Dia sudah punya restoran di Surabaya, Medan, dan Kuta meski baru diwisuda.

Predikat Best Entreprene­ur Award 2014 tidak hanya disandang Rebela. Ada puluhan mahasiswa lain yang mendapat gelar sesuai kategoriny­a. Ada entreprene­urial spirit, financial performanc­e, community impact, innovation,

sustainabl­e family business, creative business developmen­t, dan entreprene­urial E-commerce.

Rebela sendiri mendapatka­n gelar khusus kategori strategic direction. UC memilihnya bukan tanpa alasan. Bersama kakaknya, Robianto Muklim, Rebela membuka restoran sejak semester ke-4. Kini restoran makanan itu berdiri di empat tempat. Yaitu, 2 di Surabaya; 1 di Kuta, Bali; dan 1 di Medan.

Menunya cenderung tradisiona­l seperti sup, rawon, ayam bakar, penyetan, serta nasi bakar sebagai menu utama. ’’Sebulan

omzet saya sekitar Rp 200 juta,’’ ujar lulusan internatio­nal busi

ness management tersebut. Selain Rebela, total UC mewisuda 474 mahasiswa dari program S-1 dan 12 dari S-2. Satu per satu mendapatka­n ucapan selamat dan jabat tangan erat dari Rektor Tony Antonio di auditorium UC. Orang tua dan kerabat wisudawan-wisudawati memberikan aplausnya.

Menurut Kepala Bisnis Inkubator UC Suryani Halim, dari lulusan kemarin, total ada 179 kelompok mahasiswa yang sudah punya bisnis sendiri. Omzetnya sekitar Rp 6,9 miliar per bulan dan telah mempekerja­kan 941 orang. Usahanya macam-macam. Mulai makanan, minuman, fas

hion, hingga jasa. Selain mereka, ada wisudawan yang memperoleh gelar Best Academic 2014. Mereka adalah Laurencia Irene Hasan dengan IPK 3,95 dari jurusan tourism and hotel management. Lalu, David Setiawan dengan IPK 3,93 dari

jurusan psychology. Serta, Alan Christian dengan IPK 3,87 dari jurusan internatio­nal business management. (der/c17/roz)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? SUDAH JADI PENGUSAHA: Para mahasiswa Universita­s Ciputra
(UC) bergantian mengikuti prosesi wisuda di gedung
UC kemarin.
ANGGER BONDAN/JAWA POS SUDAH JADI PENGUSAHA: Para mahasiswa Universita­s Ciputra (UC) bergantian mengikuti prosesi wisuda di gedung UC kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia