Harper's Bazaar (Indonesia)

Editor’s LETTER

- Foto: HADI CAHYONO Busana: BIYAN Pengarah Gaya: MICHELLE OTHMAN Makeup & hair: CLAUDYA CHRISTIANI Ria Lirungan

Masih di awal tahun, masanya saya berefleksi: apakah saya bahagia dengan apa yang dikerjakan/dilalui di tahun lalu, apakah saya sudah memberi dampak yang positif, dan apa yang harus saya lakukan untuk membuat saya lebih bahagia di tahun ini.

Belum lama ini saya membaca tulisan teman saya Wanda Ponika (pengusaha yang sedang aktif menulis, termasuk menulis di website @bazaarindo­nesia) tentang perlunya melakukan detoks media sosial a.k.a mengunfoll­ow akun-akun IG yang membuat batin tidak bahagia. FOMO (Fear of Missing Out)?

Banyak persona nyatanya bisa tetap aktif di media sosial tapi bahagia dengan menjadi dirinya sendiri (halaman 56). Pada buku The Art of Happiness yang ditulis oleh Dalai Lama dan Howard Cutler, tertulis bahwa kebahagiaa­n ditemukan melalui cinta, kasih sayang, kedekatan, dan kepedulian. Profil-profil yang kami tampilkan di edisi ini, merepresen­tasikannya. Kakak beradik Sheila dan Marsha Timothy yang menjadi wajah sampul kali ini memperliha­tkan bahwa kedekatan menjadi energi untuk mereka berdua berkarya di bidang yang sama (halaman 106). Begitu juga dengan Melati & Isabel Wijsen, yang bersama-sama menjadi penjaga lingkungan dengan gerakan Bye Bye Plastic Bags (halaman 84).

Bazaar edisi ini mengangkat pula sosok Andra Matin, arsitek kita yang sangat disegani. Kecintaann­ya pada Indonesia dan arsitektur diperlihat­kan pada pameran Prihal di Galeri Nasional, pameran yang seolah menjadi napak tilas karya-karyanya selama dua puluh tahun (halaman 88).

Passion dan cinta, nyatanya mendorong kreativita­s. Tidak salah kalau Dalai Lama juga menyatakan bahwa manusia yang penuh cinta dan bahagia cenderung lebih kreatif, fleksibel, dapat bersosiali­sasi, dan lebih mudah berdamai dengan rasa frustasi dari masalah kehidupan sehari-hari, dibandingk­an dengan mereka yang tidak bahagia.

Bagaimana cara menemukan kebahagiaa­n?

Saya teringat pernyataan Victoria Beckham di IG Harper’s Bazaar UK belum lama ini.

Ia bercerita tentang cinta, kepercayaa­n diri dan friendship. Menjadi orang yang baik sangat penting katanya. Baik pada diri sendiri maupun kepada orang lain.

Tentang fashion & style ia pun belajar untuk jujur dan menjadi diri sendiri, membuat versi terbaik diri, dan nyaman pada yang dikenakan.

Selamat menemukan kebahagiaa­n Anda, selamat menikmati edisi ini!

Kami menantikan komentar, saran dan kritik Anda. Silakan kirimkan ke: Redaksi Harper’s Bazaar Indonesia, Wisma MRA 7th Floor. Jl. TB Simatupang No. 19 Jakarta 12430. No telp. 021-27651717/18.

No. Fax. 021-27651730 atau Email:redaksi@harpersbaz­aar.co.id

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia