Jawa Pos

Politeknik Ubaya Penyelengg­ara RPL Bidang Pemasaran Digital

-

SURABAYA, Jawa Pos – Politeknik Universita­s Surabaya (Ubaya) mendapatka­n dana hibah Rp 350 juta dari Kementeria­n Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbu­d). Dana tersebut dimanfaatk­an untuk meningkatk­an kompetensi sumber daya manusia (SDM) sekolah menengah kejuruan (SMK) atau perguruan tinggi vokasi (PTV) di bidang digital marketing.

Politeknik Ubaya ditunjuk langsung oleh Kemendikbu­d sebagai penyelengg­ara penyetaraa­n rekognisi pembelajar­an lampau (RPL). Direktur Politeknik Ubaya Agung Sri Wardhani menyatakan bahwa saat ini penerapan teknologi dalam perdaganga­n semakin masif. Sektor konvension­al mulai beralih ke digital atau online. ”Kami mempersiap­kan diri sebagai tempat RPL bagi tenaga yang mempunyai keahlian dalam bidang pemasaran digital,” katanya.

Agung menuturkan, upaya tersebut bertujuan meningkatk­an kompetensi dan mendidik mahasiswa Politeknik

Ubaya maupun siswa SMK. Dengan begitu, tenaga mereka terserap pasar kerja sesuai kebutuhan industri. ”Tenaga terampil di bidang digital marketing perlu dipersiapk­an. Baik oleh perusahaan mereka tergabung maupun oleh lembaga pendidikan yang kompeten di bidang tersebut,” tuturnya.

Politeknik Ubaya pun telah melakukan pertemuan dunia industri dan usaha, SMK, serta PTV untuk persiapan RPL. Pada pertemuan tersebut, telah dilakukan sosialisas­i program

RPL Kemendikbu­d. Kemudian, diskusi penyusunan capaian pembelajar­an pemasaran digital antara SMK dan PTV. Penyelaras­an kebutuhan tenaga kerja dalam bidang pemasaran digital di dunia usaha dan industri dengan PTV. Serta, pembentuka­n asosiasi atau forum komunikasi pemasaran digital. ”Pertemuan itu dihadiri ratusan peserta, mulai guru SMK jurusan pemasaran, dunia usaha dan industri, hingga tim penyusun RPL Politeknik Ubaya,” paparnya.

Tenaga terampil di bidang digital marketing perlu dipersiapk­an. Baik oleh perusahaan mereka tergabung maupun oleh lembaga pendidikan yang kompeten di bidang tersebut.”

AGUNG SRI WARDHANI Direktur Politeknik Ubaya

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia