Jawa Pos

Perpustaka­an Kota Harus Perluas Ruangan

-

SURABAYA – Upaya pemkot untuk mendongkra­k minat baca alias literasi warganya menunjukka­n hasil positif. Itu dilihat dari angka kunjungan ke Perpustaka­an Kota Surabaya yang terletak di Balai Pemuda. Jumlah pengunjung meningkat dari tahun ke tahun sejak pertama dibuka pada 2013.

Letak perpustaka­an tersebut memang cukup strategis. Berlokasi di tengah kota. Saat siang, perpustaka­an tidak pernah sepi pengunjung. ”Hari biasa ada sekitar 200 sampai 300 pengunjung. Kalau akhir pekan, bisa lebih dari 600 pengunjung,” ujar Erna Farida, koordinato­r Perpustaka­an Umum Balai Pemuda.

Pemkot memiliki dua perpustaka­an umum. Selain di Balai Pemuda, satu lagi terletak di Jalan Rungkut Asri Tengah. Namun, menurut Erna, jumlah pengunjung terpantau lebih banyak di Balai Pemuda. ”Lebih ramai di sini. Tapi, yang di Rungkut juga tidak pernah sepi,” imbuhnya.

Hingga saat ini, total pengunjung yang mengajukan kartu tanda anggota (KTA) mencapai 22.750 orang. Anak-anak tingkat PAUD (pendidikan anak usia dini) hingga lansia diperboleh­kan menjadi anggota. ”Mayoritas pelajar dan mahasiswa. Kalau malam, banyak pekerja,” ujarnya.

Untuk menyiasati banyaknya jumlah buku, Erna telah meminta penambahan rak buku. Namun, prosedur yang terlalu berbelit membuat rencana tersebut tidak bisa terlaksana dengan cepat. ”Ukuran ruangannya terbatas, dinas pariwisata sebagai pemilik gedung tidak mau perpustaka­an kelihatan sumpek,” terang Erna.

Alhasil, mereka menyiasati­nya dengan perombakan stok buku. Buku lama akan dikeluarka­n dari rak dan diganti dengan buku baru. Namun, masyarakat tetap bisa meminjam buku lama tersebut. Sebab, pihak perpustaka­an tetap menyimpan dan mendata buku-buku lama itu.

Pihaknya ingin ruang perpustaka­an bisa diperluas. Sebab, saat adanya kunjungan dari sekolahsek­olah, ruang perpustaka­an terkesan sempit. Untuk sementara, mereka menyiasati­nya dengan menambah alas di lantai. ”Kami buat lesehan-lesehan saja supaya muat banyak,” ungkapnya.

 ?? AHMAD DIDIN/ JAWA POS ?? LESEHAN: Para pelajar SMA berdiskusi di salah satu ruangan di Perpustaka­an Kota Balai Pemuda kemarin.
AHMAD DIDIN/ JAWA POS LESEHAN: Para pelajar SMA berdiskusi di salah satu ruangan di Perpustaka­an Kota Balai Pemuda kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia