Jawa Pos

Selain Toilet, Kuman Suka Dapur

-

JAKARTA – Bakteri ada di mana-mana. Di udara, tanah, bahkan di tubuh kita sendiri. Ada langkah sederhana untuk menjaga kebersihan dan meminimalk­an risiko persebaran bakteri, yaitu dimulai dengan kebiasaan mencuci tangan. Mencuci tangan bisa mencegah beberapa penyakit. Di antaranya, diare, influenza, cacingan, infeksi mata, maupun infeksi kulit.

”Secara global, kebiasaan mencuci tangan bisa menurunkan risiko persebaran bakteri dan angka kesakitan hingga 70 persen,” papar dr Wani Devita Gunardi SpMK, ketua Perhimpuna­n Ahli Mikrobiolo­gi Klinis Indonesia (PAMKI) DKI dalam kickoff Indonesia Hygiene Forum yang diprakarsa­i Unilever di Thamrin Nine, Jakarta, kemarin (23/4).

Mencuci tangan dianjurkan dengan air dan sabun. Ketika sedang dalam perjalanan dan tidak ada air, bisa digunakan hand sanitizer. Di antaranya, sebelum dan sesudah makan, sebelum dan setelah ke toilet, serta setelah bersin harus segera mencuci tangan. Dia meminta mencuci tangan dijadikan kebiasaan sejak dini oleh anak-anak.

”Yang sering terlupa, para ibu sebelum mengolah makanan tidak mencuci tangan terlebih dulu,” ujarnya. Sebab, selain toilet, dapur merupakan sumber kolonisasi bakteri. Tempat mencuci piring, spons cuci yang terendam, talenan yang dipakai untuk memotong daging, lap untuk mengeringk­an piring yang juga dipakai untuk mengelap meja, dan banyak kemungkina­n lain. ”Mungkin selama ini kita hanya aware soal kebersihan area toilet. Padahal, dapur pun sumber persebaran bakteri,” urai dokter ahli mikrobiolo­gi klinis tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia